Sabtu, 17 Januari 2015

Review Buku Buku Nh. Dini

Tulisan ini saya temukan dari blog sahabat yang juga penggemar Ibu Nh. Dini, di posting kembali dalam blog ini dengan beberapa penyempurnaan. Selamat membaca!


Sejak menemukan sebuah novel seorang student saya yang tertinggal dikelas berjudul ‘Namaku Hiroko’, saya langsung merasa jatuh cinta dengan buku itu, sekaligus jatuh cinta dengan sang pengarang novel tersebut. Sang pengarang yang bernama Nh. Dini itu mampu membuat saya terhenyak kagum serta mendadak ‘lapar buku’. Seolah- olah, jika waktu menganggur saya tidak digunakan untuk membaca karya Nh. Dini, waktu seperti terbuang sia- sia. Bahkan, setiap weekend pun, saya rela berdiam diri dirumah, sekedar untuk menghabiskan menu- menu lezat karya Nh. Dini yang saya pinjam di Library tempat saya mengajar.

When I read those books, then I can’t stop it. Saya akan terus membaca… Sampai mata terasa tak kuat lagi… Jika sudah begitu, barulah saya akan tidur.
Menemukan karya Nh. Dini yang cenderung terlambat, bagi saya seperti kecanduan… Sekali membaca buku, ‘Namaku Hiroko’, rasanya seperti ‘nagih’ dalam diri saya untuk terus membaca karya Nh. Dini yang selanjutnya. Bisa dibilang, saya akhirnya tergila- gila dengan karya beliau, dan kemudian menempatkan seorang Nh. Dini sebagai pengarang favorit saya.  Ia benar- benar seorang pengarang feminis yang menyuarakan serta merepresentasikan perasaan perempuan apada umumnya.

Beberapa karya Nh. Dini, ditulis berdasarkan pengalaman pribadinya sebagai seorang istri diplomat Perancis, Yves Coffin. Perkawinannya bersama Yves menghasilkan dua orang anak, Marie Claire Lintang dan Pierre Louis Padang. Ia kemudian hidup berpindah- pindah mengikuti tugas sang suami, sesuai dengan posting-an yang diberikan oleh negaranya. Bersama keluarga, Dini pernah bermukim di Jepang, Kamboja, Filipina, Perancis, serta Amerika Serikat.  Di negara- negara itulah, Dini merasakan suka- duka kehidupan sebagai seorang istri diplomat, yang kemudian ia tuangkan kedalam karya- karyanya, yang berjudul: Kemayoran, Jepun Negerinya Hiroko, Dari Parangakik ke Kampuchea, Dari Fontenay ke Magallianes, La Grande Borne serta Argenteuil.

Selama hidup berpindah- pindah dari negara yang satu ke negara yang lain, Dini juga bertemu dengan teman-teman baru yang menyenangkan, yang kemudian menjadi sahabatnya. Pengalaman serta kehidupan para sahabatnya itu juga diceritakan dalam beberapa karyanya, seperti Namaku Hiroko serta Keberangkatan.

Saat ini, pengarang Nh. Dini telah berusia 71 tahun, dan tinggal di Graha Wredha Lansia, Lerep, Semarang. Ia resmi bercerai dari suaminya pada tahun 1985, karena merasa tidak bahagia dengan perkawinannya. Sampai saat ini, Dini masih mampu berkarya, meski tidak se-produktif sebelumnya. Bukunya yang berjudul Argenteuil, menjadi karya nya yang paling baru yang diselesaikannya pada tahun 2007.

Nh. Dini, dimasa muda


Ibu Nh. Dini, di masa sekarang


Didorong oleh kekaguman yang luar biasa pada pengarang Nh. Dini, maka kali ini saya akan mereview buku- bukunya, terutama buku- buku yang telah saya baca. Dari 20 buku karya Nh. Dini, baru sebagian saja yang telah saya baca. Terutama, serial kenangan, yang menceritakan suka dukanya selama menjadi istri diplomat yang diposting di beberapa negara.

And, here is the review:
Cerita Kenangan 1, terdiri dari 4 seri, yaitu: Sekayu, Sebuah Lorong dikotaku, Padang Ilalang di belakang rumah, serta Kuncup Berseri.  Kesemua buku itu menceritakan tentang kehidupan Nh. Dini dari masa kecil sampai menginjak usia remaja. Background cerita disetiap bukunya adalah kampung Sekayu, sebuah kampung kecil yang terletak di Semarang, tempat Nh. Dini dibesarkan.

Cerita Kenangan 2, terdiri dari 5 seri, yaitu Kemayoran, Jepun Negerinya Hiroko, Dari Parangakik Ke Kampuchea, Dari Fontennay ke Magallianes, La Grande Borne serta Argenteuil.




Buku Kemayoran menceritakan tentang kehidupan Dini diawal usia duapuluh-an. Saat itu, ia sempat bekerja sebagai pramugari Garuda Indonesia Airways (GIA). Dibuku inilah ia ceritakan jatuh bangun hidupnya saat bekerja sebagai pramugari. Soal gaya bahasa, tata kalimat dan alur cerita sih, nggak usah diragukan lagi. Nh. Dini sangat sangat jago dalam urusan tersebut. Gaya bertuturnya lancar, teratur, smartly knowledgeable, serta sooooo woman. Dibuku Kemayoran inilah, pada akhirnya Dini bertemu dan jatuh cinta kepada seorang diplomat Perancis, Yves Coffin, yang kemudian menjadi suaminya kelak.


Jepun Negerinya Hiroko menceritakan tentang kehidupan Dini diawal- awal perkawinannya dengan Yves Coffin. Dibuku ini, Dini mulai merasakan ketidaknyamanan perkawinan, yang amat sangat sungguh berbeda dengan masa- masa pacarannya dulu. Ia menemukan sifat- sifat asli suaminya yang jauh berbeda, tidak seperti yang ia kenal sebelumnya. Suaminya yang ternyata pelit, emosional, suka pamer, dan terlalu sombong akan profesi diplomatnya, membuat Dini merasa tidak nyaman. Namun, ia masih tetap sabar demi mempertahankan kehidupan rumah tangganya serta demi kehadiran putri pertamanya, Marie- Claire Lintang, yang menjadi alasan kuat bagi Dini untuk tetap sabar dan bertahan.


Dari Parangakik ke Kampuchea, menceritakan tentang jatuh bangunnya Dini selama menjadi istri diplomat yang bertugas di Konsulat Perancis, yang terletak di Phnom-Penh, Kamboja. Dalam buku ini diceritakan bahwa Dini merasa semakin sulit menyesuaikan perangai suaminya yang benar- benar berubah total. Suaminya yang dulu ia kenal lembut, sabar, manis dan romantis saat masih pacaran, mendadak menjadi berubah sebaliknya. Dini juga mengalami pengkhianatan suaminya yang tertangkap basah saat mengencani seorang perempuan indo-china disebuah lobby hotel. Pengkhianatan itu disaksikan sendiri oleh Dini. Sejak peristiwa itu, Dini semakin muak dengan ulah suaminya. Ia lalu mulai mencari kesenangan lain, termasuk kesenangan dan kenyamanan yang ia dapatkan dari seorang kapten kapal bernama Maurice Delrouin. Lewat kapten itu, Dini menemukan kebahagiaan lahir batin yang sudah tidak ia rasakan bersama suaminya. Di seri buku ini, diceritakan bahwa kehidupan perkawinannya mulai getting worse. Namun, karena masih eling dengan anaknya yang masih balita, Dini kembali memilih untuk bertahan dan tetap sabar menghadapi sikap suaminya itu.
Buku seri ini, termasuk yang menjadi favorit saya! Ketebalannnya yang mencapai 450 halaman, benar- benar mengasyikkan dan tidak membuat saya bosan. Di seri ini, kemampuan Nh. Dini sebagai penulis berkelas A (baca: hebat) benar- benar terbukti!



Dari Fontennay ke Magallianes bercerita tentang kehidupan kelanjutan Nh. Dini bersama suaminya, yang ditugaskan ke kampung halaman di Perancis.  Dini harus menyesuaikan diri selama hidup di negara adopsinya itu. Di seri ini, diceritakan bahwa hubungan Dini dengan suaminya semakin memburuk. Bahkan sudah pisah ranjang. Sebaliknya, kebahagiaan Dini semakin memuncak tatkala berkencan dengan sang kapten, selingkuhannya. Ia kerap kali menghabiskan waktu berduaan bersama sang kapten di kapal atau bahkan di hotel. While, pada suatu malam, Dini yang telah tertidur pulas, tiba- tiba di ‘perkosa’ suaminya. Kejadian tersebut membuat Dini kembali mengandung anak keduanya yang bernama Pierre Louis Padang. Meski awalnya Dini tidak sudi punya anak lagi dari suaminya, ia tetap berbesar hati dan penuh kesabaran merawat serta membesarkan anak keduanya itu. Pada akhirnya, ia menyadari bahwa Lintang dan Padang adalah energi utama bagi Dini untuk tetap bertahan mengarungi kehidupan rumah tangga bersama suami menyebalkan, yang merupakan lelaki pilihannya sendiri itu.



La Grande Borne.
Di seri kali ini, Nh. Dini tetap melanjutkan perjalanan hidupnya bersama kedua anaknya. Lintang yang sudah beranjak remaja, serta Padang yang sedang lucu- lucunya. Setting tempat kali ini adalah sebuah rumah di kota kecil, Perancis bernama La Grande Borne. Hubungan dengan suaminya semakin hambar. Dini bahkan mengatakan di buku ini, bahwa ia tetap bertahan semata- mata demi kedua anaknya serta demi status profesi diplomat sang suami, sebagai madame Coffin. Selebihnya, Dini hanya menganggap kehidupan rumah tangganya sebagai status belaka. Sementara, hati dan cintanya hanyalah untuk sang kapten. Bersama sang kapten, Dini mulai menyusun rencana- rencana untuk hidup bersama kapten serta bercerai dengan suaminya. Namun, Tuhan berkehendak lain. Ditengah perasaan cintanya yang semakin membara pada sang kapten, tiba- tiba sang kapten menghilang. Surat- surat serta kartu pos yang dikirimkan Dini pada sang kapten tak berbalas. Telepon dari sang kapten yang begitu dinantikan Dini juga tak kunjung datang. Dini mulai goyah… Sang Kapten yang dicintainya itu tak jelas berada dimana, tak jelas bagaimana keadaannya. Dini hanya berdoa mengharapkan kabar sang kapten. Sampai suatu saat, doanya itu dikabulkan oleh Tuhan. Seorang kerabat dekat kapten Maurice mengabarkan bahwa Maurice meninggal akibat kecelakaan mobil dalam perjalanan menuju kapal. Hati Dini begitu hancur mendengar kabar itu. Sebagian jiwanya seolah- olah telah hilang. Kapten yang dicintainya itu telah tiada. Kejadian itu membuat Dini tak bersemangat menjalani hidup. Ia bahkan sempat mengabaikan kedua anaknya, Lintang dan Padang. Namun, segera Dini tersadar bahwa ia harus tetap melanjutkan hidupnya, apapun yang terjadi. Ia menyadari bahwa semua kejadian yang dialaminya telah digariskan Tuhan… Semuanya terjadi atas kehendak-Nya. Ia segera berbenah dan berpikir realistis untuk terus bertahan demi kebahagiaan kedua anaknya. Ia bersyukur telah memiliki Lintang (yang berarti Bintang) dan Padang (yang berarti terang). Ia menganggap bahwa hanya Lintang dan Padang-lah yang akan terus menyinari kehidupannya.
         Dalam seri ini, seorang Nh. Dini mulai bertutur ‘nrimo’. Kematian kekasihnya, Kapten Maurice, membuatnya menjadi sosok perempuan yang semakin kuat dan tabah. Tulisan- tulisannya tidak lagi menyiratkan kemarahan serta emosi, seperti yang ia tuturkan dalam kedua buku sebelumnya (Dari Fontenay ke Magallianes dan Dari Parangakik ke Kampuchea). Meski telah mati rasa dengan suaminya, Dini tetap menjalankan perannya sebagai madame Coffin, serta ibu dari Lintang dan Padang. Bila diibartkan, buku seri ini seperti layaknya sebuah gambaran sikap introspektif dan keikhlasan seorang Nh. Dini dalam menjalani kehidupannya yang begitu berwarna.

Argenteuil.

Ini adalah seri buku Nh. Dini yang paling anyar, yang ia selesaikan pada tahun 2007. Serial kenangan seri akhir ini menceritakan bahwa Dini telah mantap hati untuk segera bercerai dengan Yves Coffin, suaminya. Meski proses perceraian memakan waktu yang sangat lama, Dini telah yakin untuk tetap bercerai. Sementara menunggu waktu peresmian permohonan cerai, Dini bekerja sebagai damme de compagnie- wanita pendamping- bagi Tuan Willm, seorang lelaki tua berusia 70-an yang hidup dirumah kuno berlantai empat yang juga pernah menjadi tempat tinggal Karl Marx (Ekonom, politikus Jerman, 1818-1883). Dirumah itu, Dini semakin kuat berintrospeksi, menyendiri… Serta terus menulis, ditengah kesibukannya mengurus Tuan Willm.  Anak- anaknya yang telah beranjak dewasa, tinggal terpisah. Lintang bersekolah, tinggal di asrama, sementara Padang tinggal di Detroit, Amerika Serikat mengikuti tugas ayahnya. Dalam buku ini, Dini mengalami fase pasrah, nrimo dan ikhlas, setelah menerima begitu banyak cobaan dalam hidupnya. Disini, juga diceritakan bahwa seorang perempuan bernama Angele (yang ternyata kakak kandung kapten Maurice), mengajak Dini untuk mengunjungi rumah kekasih yang sangat dicintainya itu.
Buku ini lebih tipis dbandingkan dengan buku- buku sebelumnya. Tebalnya ‘hanya’ mencapai 201 halaman saja. Sebuah karya yang cukup tipis, untuk seorang penulis sekaliber Nh. Dini. Hal itu mungkin disebabkan, karena kondisi kesehatan Nh. Dini yang terus menurun saat menulis cerita Argenteuil itu. Memang, sampai saat ini, Nh. Dini masih harus melawan penyakit hepatitis B yang telah lama dideritanya. Kondisi fisiknya tidak lagi sekuat dan seprima sebelumnya saat menulis bukun ini. Namun, tetap saja, karya Nh. Dini selalu bagus buat saya. Untuk Argenteuil, saya ibaratkan sebagai gambaran ketangguhan seorang perempuan bernama Nh. Dini, yang telah memiliki jam terbang tinggi dalam mengarungi bahtera kehidupan yang sangat beragam, baik yang menyenangkan maupun yang menyakitkan. Pengalaman- pengalaman itulah yang membuat Nh. Dini tetap ‘berdiri’ tegak, kuat dan tangguh sebagai perempuan.
Meanwhile, cerita tentang pengalaman sahabat Nh. Dini selama berada di Jepang dan selama bekerja sebagai pramugari GIA, dituangkan dalam 2 karyanya yang berjudul Namaku Hiroko, serta Keberangkatan.



Buku Namaku Hiroko sangat meaningful buat saya. Karena, buku inilah yang pertama kali membuat saya falling in love dengan Nh. Dini. Buku inilah yang juga membuat saya akhirnya ketagihan dan kecanduan untuk terus membaca karya Nh. Dini. Cerita ini bersumber dari tokoh asli, yang bernama Hiroko Daimaru. Perempuan Jepang ini berasal dari desa kecil di Kyushu, Jepang, yang kemudian merantau ke kota Kobe. Segala macam tempaan hidup, pelajaran serta pengalaman berharga dijalani Hiroko dengan tak mudah. Kehidupan cintanya juga penuh liku. Diceritakan bahwa ia pernah pacaran dengan mahasiswa Indonesia yang tinggal di Jepang, namun kandas. Sampai akhirnya ia jatuh cinta dengan seorang lelaki Jepang bernama Yoshida. Ia merasa sangat nyaman dan bahagia bersama Yoshida. Hal itulah yang akhirnya membuat Hiroko rela dan ikhlas dijadikan istri simpanan oleh Yoshida, yang tak lain juga ISTRI SAH dari SAHABAT Hiroko sendiri, Natsuko. Meski dimadu, Hiroko merasa bahagia dengan kehidupannya bersama Yoshida. Dalam buku ini, terdapat sebuah kalimat favorit saya. Kalimat tersebut kurang lebih seperti ini:
“Aku puas dengan hidupku, dan aku tak menyesali pengalaman- pengalamanku.”
It’s smartly meaningful, for me. J Saking tergila- gilanya dengan buku ini, saya sampai mereview khusus di blog saya. Review itu juga ‘dimuat’ di sebuah situs berita vivanews.com. Tiz is a berrrriiii great book! J



Keberangkatan.
Buku ini juga menceritakan tentang perjalanan kehidupan Elisabeth Frissart, salah satu sahabat Nh. Dini yang dikenalnya saat bekerja sebagai pramugari GIA. Elsa adalah perempuan berkebangsaan Belanda yang tinggal di Indonesia. Ia cantik, menarik dan cerdas. Tak heran, dengan kelebihannya itu, Elsa banyak disukai oleh teman- temannya, termasuk para lelaki. Adalah Sukoharjito, seorang lelaki asli Jawa yang sanggup membuat Elsa jatuh cinta. Laki- laki itu pula-lah yang membuat Elsa ingin menetap selamanya di Indonesia. Sungguh, betapa cinta  bisa mengubah jalan hidup seseorang. Saking cintanya dengan Sukoharjito, Elsa memilih tetap tinggal di Indonesia meski orangtua dan keluarganya telah kembali ke Belanda. Namun, begitu percintaanya kandas karena pengkhianatan Sukoharjito, Elsa sendiri akhirnya memutuskan untuk meninggalkan semuanya: pekerjaannya sebagai pramugari, teman- temannya, serta bumi Indonesia- negara yang dulu ia cintai, bersama dengan lelaki yang ternyata mengkhianatinya.
Dalam buku ini, kembali lagi saya menemukan gambaran kekuatan women power -khas Nh. Dini-, tentang bagaimana perempuan harus cepat bangkit, meski hancur karena disakiti atau dikhianati laki- laki. Buku ini juga menggambarkan pentingnya mengambil sikap bagi perempuan. Tiz is such another feminist books by Nh. Dini.

In conclusion, those all books are surely recommended to read, especially for women.

Surely, you should try it!!


Posted by @Putrielizabeth

1 komentar:

  1. Tulisan kakak Putri sangat menarik..
    Bagaimana dengan buku NH Dini yg berjudul pertemuan dua hati, sudahkah kakak membacanya???

    BalasHapus